Senin, 11 Oktober 2010

Aktualisasi Pancasila dan Tridharma Perguruan Tinggi

AKTUALISASI PANCASILA
Pancasila dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu,
·         Aktualisasi  Pancasila Obyektif
Yaitu aktualisasi Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan kenegaraan yang meliputi kelembagaan negara antara lain Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif. Selain tiu juga bidang-bidang aktualisasi lainnya seperti Politik, Ekonomi, Hukum, GBHN, Pertahanan Keamanan, Pendidikan, dan bidang kenegaraan lainnya.
·         Aktualisasi Pancasila Subyektif
Yaitu  aktualisasi Pancasila pada setiap individu terutama dalam aspek moral dalam kaitanya dengan hidup negara dan masyarakat. Dalam aktualisasi ini semua masyarakat perlu mawas diri agar memiliki moral Ketuhanan dan Kemanusiaan sebagaiman terkandung dalam Pancasila.
TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI
       Pendidikan Tinggi sebagai institusi dalam masyarakat bukanlah merupakan menara gading yang jauh dari kepentingan masyarakat melainkan senantiasa mengemban dan mengabdi kepada masyarakat. Menurut PP No. 60 Th. 1999, Perguruan Tinggi memiliki tiga tugas pokok yang di sebut dengan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu:
1.  Pendidikan Tinggi
Dalam hal ini Lembaga Pendidikan Tinggi bertugas melaksanakan pendidikan untuk mempersiapkan, membentuk, dan menghasilkan sumber daya yang berkualitas.
Tugas Pendidikan Tinggi:
a.  Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknoligi dan kesenian.
b.  Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
2.  Penelitian
Penelitian adalah suatu kegiatan telaah yang taat kaidah, bersifat obyektif dalam upaya untuk menemukan kebenaran dan menyelesaikan masalah dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.
Dalam suatu kegiatan penelitian seluruh unsur dalam penelitian senantiasa mendasarkan pada suatu paradigma tertentu, baik permasalahan, hipotesis, landasan teori, maupun metode yang di kembangkannya.
Dalam suatu penelitian terdapat beberapa pendekatan dengan paradigma yang berbeda misalnya, pendekatan  kuantitatif, dan pendekatan kualitatif
Dasar-dasar nilai dalam Pancasila menjiwai moral peneliti sehingga suatu penelitian harus bersifat obyektif dan ilmiah. Seorang peneliti harus berpegang pada moral kejujuran yang bersumber pada ketuhanan dan kemanusiaan. Selain itu asas manfaat penelitian harus demi kesejahteraan umat manusia, sehingga demikian suatu kegiatan penelitian senantiasa harus diperhitungkan, maka harus dilakukan pengembangan hukum positif.

3.    Pengambdian Kepada Masyarakat
Perguruan Tinggi sebagai lembaga masyarakat, senantiasa mengembangkan kegiatannya demi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu Pengabdian Kepada Masyarakt merupakan Dharma ke-3 dari Tridharma Perguruan Tinggi. Berdasarkan penjelasandari Pasal 3 ayat (1) PP. 60 Th 1999, bahwa yang di maksud denganPengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan subangan demi kemajuan masyarakat.
Dalam pengertian inilah maka aktualisasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sebenarnya merupakan suatu aktualisasi kegiatan masyarakat ilmiah perguruan tinggi yang dijiwai oleh nilai-nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan, sebagimana terkandung dalam Pancasila.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar